Hostel Rookie

9:09 AM

Kemaren saya iseng nulis di twitter:

  “lebih enak tinggal di hostel atau hotel?? Dan apa alesannya?”

Trus dibales sama temen saya: 

“enakan hostel dong”

Walah walah.

Saya udah pernah nginep di hotel dan hostel. Di hotel mah biasa, kita ngedapetin privasi, kenyamanan, sarapan nikmat, dan sebagainya… barang-barang dibawain bell boy, trus ada kamar mandi dalem..

Kalo di hostel… hemm.. hemm… Saya ceritain deh!

Saya pernah ikut misi budaya ke perancis sama grup anak-anak dari Indonesia, nah.. kita tinggal di hostel! 
Wih gile, waktu itu saya ngebayangin hostelnya Perancis (terutama yang di Paris) itu semewah hotel bintang tiga di Bandung. Yaiyalah! Perancis gitu! 



Pas nyampe, ada tulisan besi di dinding hostelnya. saya lupa apaan itu pokoknya artinya “Youth Hostel”. Kita (yang bawa koper segede gaban berisi rambut cepolan, hairspray, eyeliner, peralatan nari dan alat-alat lainnya yang ‘bukan backpacker banget’) bersusah-susah naik ke resepsionis. Yaiyalah susah, orang mesti bawa koper naik tangga!

Mulailah saya curiga. Waduh, liftnya bobrok amat. Mini banget lagi! Udah gitu internetan mesti bayar 1-2 euro buat setengah jam! Oke oke, gapapa. Gw jabanin dah, setidaknya hostel ini lebih kece dibandingin sama wisma-wisma tempat saya retreat di Puncak (soalnya penghuninya bule semua, kalo di puncak mah….. akang-akang tukang villa…).

Setelah check in dan dibayar sama tante tanti (koordinator misi budaya-nya), kita langsung naik ke kamar masing-masing. Saya dapet kamar lantai lima persis depan toilet dengan view ke kota. Dan kalo jendelanya dibuka langsung dingin mampus! 

Pemandangan dari kamar hostel

Kamar Hostelnya

Kita sekamar bertiga: saya, Dweta sama Magenta. Eh, karena masih pusing 
akibat jet lag, saya langsung ke toilet cuci muka + sikat gigi. Maksudnya biar ‘sadar’ gitu..

Saya nyelonong masuk ke kamar mandi umum, YATUHAN! Ada banyak cewek negro (maaf kalo terkesan rasis, saya bingung mau nyebut dengan nama apa) yang cuma pake handuk! Langsung saya panggil Dweta, minta ditemenin. Dweta masuk bilik toilet, dan saya tinggal berdua sama Kak Karin. Saat saya mau cuci muka, saya ngeliat ada kain hijau basah di wastafel.

“Tas tas, itu apaan tas?”

“Gak tau kak!” *ngangkat kain ijo*

Mampus gw. ITU G-STRING IJO-NYA SI NEGRO!!!! BWAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAH! *panik*

Saya langsung ngelempar tuh baju dalem ijo, langsung mikir negatif. Wah kampret, ngapain tuh orang pake acara ninggalin CD di toilet, di washbasin nya lagi!! Sedeng nih hostel! AAAAAHRG!! KEPEGANG LAGI!! SIAL!

Eh pas saya masuk ke toilet lagi g-stringnya udah ngilang. Syukurlaaaaaaaaaah………

Saya sempat main juga ke kamar Andri, Grace dan Gaby di seberang lorong. Kamar mereka panas, karena jendelanya menghadap atap seng yang banyak sampahnya! Ada botol coke, plastic chips dan sebagainya. Yailah, bule kok buang sampah sembarangan… tapi kerennya viewnya langsung ke (puncaknya) menara eiffel! Prikitiew!

Tempat tidurnya sih biasa aja. Gak keras dan gak ada guling. Jadi bagi pelancong Indonesia disarankan untuk memeluk temannya. Eh, ternyata banyak orang perancis (kami menyebut mereka ‘bule alay’) yang doyan corat coret tempat tidur tingkatnya.. ada yang gambar, ada yang curhat, ada yang marah-marah.. itulah warna-warni hostel J

tulisan dibawah tempat tidur

'Backpacker beneran' lagi naik ke resepsionis

Kelebihan: Kamar cewek cowok dipisah. Hostel ini lumayan deket ke stasiun metro, cuma perlu jalan sedikit. Dan disekelilingnya ada 3 supermarket murah-meriah. Eh disediain sarapan di lantai empat loh! Sarapan standar orang bule (baguette, sereal, susu, buah) tapi bisa dibilang sarapan high-class bagi orang Indonesia (terutama saya)! :D cokelat hangatnya creamy bangset!

Kekurangan: Banyak negronya *gw gak tau ini kekurangan atau kelebihan*, internetnya dan wifi bayar (tapi PC yang ada disitu lambret banget!), dan merchandise-nya mahal.. gapapalah, yang penting tidurnya nyaman..

Oh iya, menurut saya ini mah blom kerasa ‘hostel’nya.. soalnya saya tidur sekamar dengan teman saya. Kalo mau kerasa, saya kudu tidur bareng bule-bule stranger yang bener-bener gak saya kenal..


selamat menghostel!

-T



PS:

kalau cari keterangan tentang hostelnya >>  http://www.hihostels.com/dba/hostels-Paris---Clichy-020024.en.htm

Paris - Clichy
107 Rue Martre

92110 Paris
France
Tel. +33-1-41272690
Fax. +33-1-42705263

You Might Also Like

2 comments

  1. tasyaa! gw waktu itu ikutan megang g-string nya juga :(
    rasanya nista banget
    -magenta-

    ReplyDelete

Hits